oleh

Cukup Mengganggu? Ini  Tips Atasi Mual Saat Hamil

Mual saat hamil adalah situasi yang wajar terjadi dan banyak dikaitkan dengan perubahan hormon [1]. Namun jangan panik jika mengalami mual ketika sedang hamil karena hal tersebut adalah wajar. 


Berapa lama mual saat hamil? Ibu hamil umumnya merasakan mual ini pada awal kehamilan hingga puncaknya di minggu ke 9. Di minggu ke 12 biasanya mual tersebut mulai berangsur menghilang. Tetapi pada beberapa kasus, ada juga ibu hamil yang masih mengalami mual di trimester ketiga. 
Tips Atasi Mual Saat Hamil
Penyebab mual saat hamil tidak hanya karena perubahan hormon, tapi ada beberapa hal lain. Seperti perubahan sistem pencernaan hingga sensitivitas indra perasa dan penciuman.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk atasi mual saat hamil. Berikut informasi lengkap untuk Anda. 

  1. Sediakan Camilan
    Ketika bangun tidur Anda bisa konsumsi camilan ringan. Misalnya permen jahe atau makanan ringan lainnya. Sediakan cemilan di dekat Anda, paling tidak letakkan di kamar. Setelah perut terasa sudah terisi, Anda bisa melakukan aktivitas kembali setelah bangun tidur. Tidak hanya ketika bangun tidur saja, camilan juga bisa Anda konsumsi saat terbangun di tengah malam.
    Selain camilan kering, Anda juga bisa pilih konsumsi makanan pereda mual saat hamil muda yaitu makanan dingin. Namun sebaiknya konsumsi makanan ringan ini jangan berlebihan. Anda bisa pilih es krim, yoghurt, es batu hingga jelly. 
  2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein
    Atasi mual saat hamil dengan makan siang yang tepat. Anda bisa makan siang dengan porsi sedikit agar perut tidak terasa kosong. Sebaiknya makan makanan dengan protein yang tinggi dan mengandung vitamin B. 
    Ini bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan dan makanan yang punya karbohidrat tinggi seperti nasi dan roti. Sebaiknya jangan makan atau minum sesuatu yang punya bau menyengat. Ini bisa memancing mual Anda bertambah parah. 
  3. Hirup Aromaterapi
    Selain makan, untuk mengurangi rasa mual Anda juga bisa menghirup aroma terapi. Ada beberapa aroma yang bisa Anda pilih yakni lavender, jahe hingga peppermint. Anda bisa hirup aroma terapi ini sembari mendengarkan musik yang disukai. 
    Aromaterapi yang wanginya menenangkan juga bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyaman. Namun jika aroma terapi justru membuat mual semakin parah maka bisa hentikan pemakaian. 
  4. Melakukan Yoga
    Ketika mual saat hamil, Anda juga bisa memilih olahraga yaitu yoga. Ada beberapa pose yoga yang bisa membantu ibu hamil lebih rileks dan nyaman [2]. Gerakan-gerakan yoga tersebut dipercaya bisa mengurangi keluhan mual dan muntah. 
    Pastikan melakukan yoga dengan guru yang sudah profesional apalagi bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Karena gerakan-gerakan yoga yang salah bisa memperparah keadaan. 
  5. Minum yang Cukup
    Anda harus minum yang cukup agar tidak dehidrasi karena mual dan muntah saat hamil [3]. Pilihan air minum yang paling baik adalah minum atau bisa juga dengan memilih minum jus. 
    Jangan sekali-kali memilih minuman yang mengandung kafein dan juga karbonat saat hamil. Saat hamil Anda perlu tahu waktu waktu yang tepat untuk konsumsi air. 
  6. Konsumsi Obat Mual
    Mual saat hamil juga bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi obat mual. Namun alternatif ini, sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Anda bisa memilih konsumsi suplemen B6 yang mampu meredakan mual. 
    Selain itu Anda juga bisa konsumsi obat mual saat hamil yang punya kandungan antihistamin. Jika mual yang dirasa semakin parah, Anda bisa pilih konsumsi prochlorperazine. 
    Cukupi Asupan Air Mineral Saat Hamil Dengan AQUA
    Untuk atasi mual saat hamil, Panda bisa cukupi asupan air mineral agar tidak mengalami dehidrasi pula. Anda bisa memilih air mineral dari merek AQUA yang terbukti kualitasnya dan sudah teruji klinis. 
    AQUA merupakan pilihan air mineral terbaik karena asalnya dari sumber mata air pegunungan. Selain itu air mineral satu ini punya 3 perlindungan. Yakni perlindungan untuk ekosistem sumber air agar tetap terawat. 
    Lalu yang kedua adalah perlindungan kealamian air mineral yang tetap murni lewat penyaringan pasir dan batu vulkanis. Selanjutnya air mineral dari AQUA juga diproses secara seksama sehingga kualitasnya tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen. 
    Untuk konsumsi AQUA saat hamil baiknya 8 gelas air dalam sehari. Anda bisa konsumsi air mineral ini pada waktu-waktu tertentu. Seperti diminum sebelum dan sesudah makan untuk menetralisir rasa di lidah agar tidak terlalu mual. Selanjutnya ada juga wajib konsumsi air mineral 10 menit sebelum tidur. Kemudian pastikan bahwa air mineral yang dikonsumsi berada pada suhu tepat. Yakni tidak terlalu panas dan terlalu dingin karena bisa mendorong gejala mual muncul. Suhu yang tepat adalah berada pada suhu ruangan sekitar 20 derajat Celcius. Minum AQUA tidak hanya membantu ibu saat mengalami mual saja tapi juga melindungi kesehatan bayi didalam rahim. 
  7. Jadi itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk atasi mual saat hamil. Anda bisa diterapkan cara-cara di atas terutama bagi yang baru pertama kali mengalami masa kehamilan. Jangan panik memiliki kondisi mual karena hal tersebut adalah wajar. Jangan lupa pula untuk konsumsi air mineral dari AQUA untuk meminimalisir mual dan mencegah dehidrasi. 

Sumber :  
1.https://www.farmaku.com/artikel/mual-saat-hamil-muda/
2.https://www.alodokter.com/cara-menghilangkan-mual-saat-hamil-yang-patut-anda-cob
3.https://www.nutriclub.co.id/article-kehamilan/nutrisi/gizi/7-tips-mengurangi-mual-muntah-di-awal-kehamilan

Dua Warga Totikum Terkonfirmasi Positif Covid-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed